BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Minggu, 20 November 2011

Porphyroglossum zolingerii

2.1 Klasifikasi

Empire : Eukaryota
Kingdom :
Plantae
Subkingdom :
Biliphyta
Phylum :
Rhodophyta
Subphylum :
Eurhodophytina
Class :
Florideophyceae
Subclass :
Rhodymeniophycidae
Order :
Gelidiales
Family :
Gelidiaceae
Genus :
Porphyroglossum

Species : Porphyroglossum zollingeri

2.2 Sebaran

Habitat Porphyroglossum zollingeri Hidup di zona supra tidal (zona pasang surut bagian atas) dimana selalu basah oleh pukulan ombak. Sebaran rumput laut jenis ini Pada awalnya sebagai alge subtropics yang selanjutnya terdampar dan tumbuh selama berabad-abad di Pulau Ambon dan berhasil berkembang biak secara baik

Rumput laut jenis Porphyroglossum zollingeri mempunyai pertumbuhan, kelulusan hidup dan daya adaptasi yang baik pada bagian yang terlindung dari cahaya matahari secara langsung. Tingginya penetrasi intensitas cahaya matahari yang masuk hingga ke dasar perairan yang mengakibatkan rumput laut menjadi putih bagian ujungnya. Ciri morfologi yang dapat diamati adalah warna rumput laut yang merah, segar dan tidak terdapat tanaman lain yang menempel pada rumput laut. Selain itu, alga merah Porphyroglossum zollingeri layak tumbuh pada metode kurungan pada kondisi tidak terlalu padat, dan masih tersedia ruang gerak minimal 30 %, serta akarnya tidak terhalang.

2.3 Manfaat

Manfaat Porphyroglossum zollingeri biasanya Dipanen oleh penduduk setempat untuk dikonsumsi sebagai sayur yang dimasak. Potensi. Selama ini masih memanfaatkan panen alam, belum dilakukan budidaya.

Pemanfaatan alga merah jenis ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan kertas. Rumput laut dari jenis Rhodophyta memiliki kandungan serat yang tinggi pada thallusnya, selain agar dan mineral. Keberadaan rumput laut ini sebagai sumber alternatif bahan baku kertas dan energi merupakan hal yang baru didukung dan dikembangkan. Jenis alga merah yaitu Porphyroglossum zolingerii, merupakan rumput laut komoditas baru dalam proses budidaya.

Salah satu industry penting menggunakan pemanfaatan yang bahan bakunya berasal dari komoditas rumput laut adalah kertas. Dengan temuan terbaru ini rumput laut dari kelas alga merah (Rhodophyta) dapat diolah menjadi bahan baku kertas berkualitas tinggi dilihat dari kehalusan, kekuatan dan keamanannya. Pemanfaatan alga merah ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan kertas. Rumput laut dari jenis ini memiliki kandungan serat yang tinggi pada thallusnya, selain agar dan mineral. Adapun jenis dari klas algae merah yang memiliki multifungsi ini dan mulai dikembangkan, yaitu Porphyroglossum zolingerii. Keberadaan rumput laut ini sebagai sumber alternatif bahan baku kertas dan energi merupakan hal yang baru didukung dan dikembangkan. Jenis alga merah Porphyroglossum zolingerii, merupakan rumput laut komoditas baru dalam proses budidaya.

0 komentar:

Bagaimana Blog Saya